You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan GULUREJO

Kap. LENDAH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

Luncurkan Program JAGAKU Dan Serahkan 320 Paket Sembako Pada Peringatan Hari Buruh 2021 Di Kulon Pro


Luncurkan Program JAGAKU Dan Serahkan 320 Paket Sembako Pada Peringatan Hari Buruh 2021 Di Kulon Pro

Wates - Dalam rangka memperingati Mayday (Hari Buruh) 2021, Pemerintah Kab.Kulon Progo melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo, menyelenggarakan  Penyerahan Secara Simbolis Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Program JAGAKU dan Paket Sembako, dengan tema May Day KU : BERJAGA (BERamal menJAga tenaGa kerjA), peringatan May Day 2021 berlangsung di Aula Adikarta, kompleks Pemkab Kulon Progo. Kamis (29/4/2021).

Panitia May Day 2021, Taufiq Rico Khoirul Ashar selaku Ketua DPC KSPSI Kulon Progo,  mengatakan meski masih dalam situasi wabah pandemi, namun kegiatan Mayday tetap diselenggarakan dengan memberikan paket sembako yang dibagikan kepada tenaga kerja di perusahaan yang terdampak pandemi COVID-19, sejumlah 320 paket dari beberapa perusahaan di Kulon Progo.

Taufiq menambahkan kegiatan yang kedua yaitu peluncuran program JAGAKU BPJS Ketenagakerjaan yang bekerjasama dengan CSR dari Perusahaan. “Sasaran dari program JAGAKU ini adalah Guru PAUD, Linmas Desa dan UMKM di Kulon Progo,” ujarnya

Sementara itu, Bupati Kulon Progo dalam sambutannya mengatakan bahwa Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004, program jaminan sosial bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktifitas kerja, serta memberikan kepastian jaminan bagi masyarakat. Untuk itu seluruh tenaga kerja berhak mendapatkan perlindungan Program Jaminan Sosial.

Untuk  memberikan proteksi atau perlindungan terhadap tenaga kerja di Kabupaten Kulon Progo, BPJS Ketenagakerjaan dan difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo, serta didukung oleh OPD terkait dan perusahaan-perusahaan di Kabupaten Kulon Progo, maka dikeluarkan program inovasi dan terobosan baru  dengan nama “JAGAKU (Jaga Warga Kulon Progo).

“Hal ini dimaksudkan agar para pekerja di Kabupaten Kulon Progo terlindungi dan mendapat rasa aman ketika sedang melakukan pekerjaannya,” ujarnya

Sutedjo menambahkan bentuk sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Kulon Progo dalam hal ini dengan Dinas atau bagian teknis yakni : Bagian Administrasi Kesra dan Masyarakat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Sat Pol PP untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat pekerja yang sejahtera, yang dimulai dari tenaga pendidik PAUD dan Linmas.

“Diharapkan dengan terjaminnya perlindungan bagi tenaga pendidik  PAUD dan Linmas dalam program BPJS Ketenagakerjaan, dapat meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik, meningkatkan kualitas pendidik, serta akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Kulon Progo dan peningkatan kesejahteraan bagi anggota Linmas,” pungkasnya. 

Pada peringatan Mayday tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2021 ini, panitia telah menetapkan slogan Mayday KU BERJAGA (BERamal menJAga TenaGA kerja). Kegiatan diawali dengan penggalangan dana dan sembako secara sukarela dari perusahaan-perusahaan yang berkenan berpartisipasi. Dari penggalangan dana tersebut diwujudkan dalam bentuk paket sembako. Dana hasil CSR dari perusahaan dipergunakan untuk mengikutsertakan guru PAUD non PNS, Linmas Desa dan UMKM sebagai sasaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Program JAGAKU. MC Kab.Kulon Progo/Humas/hry

 

Sumber : https://kulonprogokab.go.id/

Bagikan artikel ini: