You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan GULUREJO

Kap. LENDAH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

#LebaranDiRumahSaja #TidakMudik #TidakPiknik


Kegiatan saat Lebaran di Rumah, Tetap Bisa Seru Bareng Keluarga

 

Larangan mudik akibat pandemi Covid-19 saat ini membuat sebagian besar masyarakat Indonesia tidak bisa pulang kampung untuk berkumpul bersama sanak saudara. Apa daya, momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2020 yang biasa dirayakan dengan kumpul keluarga, tahun ini hanya bisa dinikmati di rumah saja. Namun jangan khawatir, kamu bisa lakukan berbagai aktivitas atau kegiatan bersama agar suasana Idul Fitri 2020 tetap terasa hangat.

5 Kegiatan Seru Bersama Keluarga saat Lebaran di Rumah

Lebaran di rumah bisa dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan seru bersama keluarga. Aktivitas Lebaran di rumah ini sekaligus menjadi momentum tepat untuk meningkatkan keakraban sesama anggota keluarga. Nah, berikut ini beberapa ide kegiatan Lebaran di rumah yang bisa dilakukan ketika tidak bisa mudik, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Memasak Bersama Keluarga di Rumah


Ilustrasi memasak bersama keluarga di rumah

Bagi sebagian orang, momen Lebaran terasa kurang afdhal tanpa hidangan ketupat dan opor ayam. Nah, tak ada salahnya kok untuk tetap menyiapkan menu istimewa itu meskipun merayakan Lebaran di rumah saja. Kamu bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk ikut serta membantumu menyiapkan ketupat dan opor ayam. Aktivitas ini bisa dilakukan sambil ngobrol dan curhat tentang banyak hal. Seru, kan?

2. Menonton Film di Ruang Keluarga


Nonton film bersama keluarga

Kalau kamu bingung harus ngapain saat Lebaran di rumah, coba deh ajak semua anggota keluarga kumpul dan nonton film bersama di ruang keluarga. Film-film bertema religi spesial Lebaran biasanya banyak ditayangkan di televisi. Situs streaming film juga banyak kok menyediakan film-film keluarga yang bisa ditonton saat Idul Fitri nanti. Biar makin seru, buatlah ruangan keluarga seakan-akan seperti di dalam bioskop. Matikan semua lampu, tutup tirai jendela, dan siapkan camilan favorit untuk dinikmati bersama sepanjang nonton film.

3. Piknik Kecil-kecilan di Halaman Rumah


Ilustrasi piknik bersama keluarga

Tips seru Lebaran di rumah, salah satunya bisa dengan menggelar piknik kecil-kecilan di halaman atau lapangan depan rumah. Supaya suasana keakraban sesama anggota keluarga semakin hangat, kalian bisa buat acara sederhana seperti bakar ikan, ayam, dan daging. Jangan lupa, hidupkan lagu-lagu religi dan musik bernuansa ceria supaya suasana Lebaran di rumah tidak membosankan.

4. Bermain Game Bareng


Bermain game bersama keluarga

Aktivitas Lebaran di rumah yang bisa dilakukan ketika tidak bisa mudik yaitu dengan main game bersama anggota keluarga. Kamu bisa memainkan beberapa board game populer yang bisa dimainkan semua usia, seperti twister, uno, dan monopoli. Kalau kurang menarik, kamu bisa pilih game online kekinian di smartphone.

5. Silaturahmi Virtual dengan Video Call


Ilustrasi sedang video call

Tak bisa mudik, bukan berarti tidak bisa silaturahmi atau bersapa dengan sanak saudara di kampung halaman lho. Kamu tetap bisa kok silaturahmi online dengan video call. Walaupun terpisah jarak dengan anggota keluarga dan kerabat lain yang tinggalnya berjauhan, silaturahmi harus tetap terjalin, ya. Cukup dengan smartphone atau laptop, sambungan internet, serta aplikasi video call, kamu bisa silaturahmi meski Lebaran hanya di rumah saja.

Nah, itulah beberapa aktivitas atau kegiatan bersama keluarga saat Lebaran di rumah saja. Selamat quality time bersama keluarga ya, guys!

By : INDOZONE.ID

Bagikan artikel ini: