You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan GULUREJO

Kap. LENDAH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

BAZNAS Bersama Pemkab Kulon Progo Salurkan Santunan Kepada Anak Yatim/Piatu Korban COVID-19


BAZNAS Bersama Pemkab Kulon Progo Salurkan Santunan Kepada Anak Yatim/Piatu Korban COVID-19

BAZNAS Bersama Pemkab Kulon Progo

Salurkan Santunan Kepada Anak Yatim/Piatu Korban COVID-19

 

Wates – Sejumlah 46 anak yatim/piatu korban COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo menerima santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kulon Progo, berlangsung di Ruang Sermo, kompleks Pemkab Kulon Progo. Rabu (8/9/2021). Santunan diserahkan oleh Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo didampingi Ketua BAZNAS Kulon Progo Drs H Abdul Madjid kepada perwakilan sepuluh anak yatim/piatu.

Terdapat 71 anak yang akan menerima santunan, 46 data sudah diverifikasi terdiri 30 Anak yatim dan 16 anak piatu, sementara sisanya merupakan data baru. Sumber dana santunan ini didapat dari BAZNAS Kulon Progo yang nantinya akan disalurkan kepada masing-masing anak.

Terdapat 3 kelompok yang dicermati oleh BAZNAS untuk menerima santunan ini sesuai dengan usia pendidikannya. Besaran santunan per anak yaitu: 1) Pra sekolah/TK/SD : Rp.1.000.000, 2) SMP : Rp.1.500.000, 3) SMA : Rp.2.000.000,

Dalam sambutannya Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwa anak-anak ini nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Sutedjo berharap untuk keluarga yang memiliki anak yatim/piatu untuk bisa memberi support, spirit, dorongan kepada anak-anak untuk dapat menatap masa depan dengan sebaik-baiknya. Anak-anak menjadi kewajiban para orang tua dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan masa depannya.

"Kita sering bercermin bahwa setiap kita dalam kehidupan ini mengalami cobaan, sesungguhnya itu kebanyakan yang kita bisa lihat, kalau kita punya motivasi kedepan maka justru akan menjadi penyemangat, spirit untuk kemudian bisa mendayagunakan kondisi ini untuk bisa lebih baik lagi ke depan" ujar Sutedjo.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kulon Progo Drs H Abdul Madjid berharap santunan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban keluarga mereka. Kerjasama dengan dinas terkait juga sangat diharapakan untuk membantu meringankan beban para korban Covid-19 ini.

“Jumlah tersebut mungkin bertambah karena pada proses veritifikasi pendataan dilakukan Dinas Sosial Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulon Progo,” ujarnya.

Abdul Madjid menamabhkan Sampai 8 September 2021, sesuai dengan program BAZNAS terkait penanggulangan COVID-19, sudah membantu masyarakat yang terdampak lebih dari satu milyar rupiah (belum termasuk 10 anak yang mewakili acara).

“Santunan yang diberikan Baznas untuk 46 anak yang sudah diverifikasi ini mencapai Rp.59.500.000,-. Dan untuk bantuan yatim/piatu yang ada di 17 panti Asuhan mencapai total Rp.105.000.000,-.,” ujarnya

Hampir dua tahun pandemi ini belum juga usai. Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja tapi seluruh dunia ikut merasakannya. Virus yang tak kasat mata ini tidak mengenal usia, pangkat, ataupun jabatan, yang artinya siapa saja bisa terpapar virus ini. Beberapa upaya telah dilakukan mulai dari penerapan protokol kesehatan hingga pelaksanaan vaksinansi. Pemerintah sangat berharap semua lapisan masyarakat dapat saling bekerjasama untuk mentuntaskan pandemi bersama -sama. Kulon Progo/Fajar Mahanani/Rizki

 

Sumber : https://kulonprogokab.go.id/v31/detil/8581/baznas-bersama-pemkab-kulon-progo-salurkan-santunan-kepada-anak-yatimpiatu-korban-covid-19

Bagikan artikel ini: