SELAMAT DATANG DI SISTEM INFORMASI DESA ( SID ) DESA GULUREJO '' MBANGUN KARYA ''

SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE DESA, KAMI TUNGGU SARAN DAN MASUKANNYA

 

Eco-Green Batik Gulurejo

admin gulurejo 18 Juli 2019 15:02:50 Berita Desa

Eco-Green Batik Gulurejo

Gulurejo – Kamis (18-07-2019) Batik dengan pewarna alami adalah salah satu pilihan dari beberapa pilihan pewarnaan batik. Teknik membatik  dengan pewarna alam tidak jauh berbeda dengan produk batik pewarna sintetis. Dalam rangka mewujudkan batik ramah lingkungan atau batik eco-green, Rojimin selaku pengusaha batik, pemilik Anugrah Batik memilih lebih menekankan pada pewarna alam untuk produk-produk batiknya, dengan menggunakan teknik batik tulis pada tiap produk batik miliknya. Anugrah Batik merupakan salah satu dari sekian banyak usaha kerajinan batik dengan teknik pewarnaan menggunakan bahan-bahan dari alam. Usaha ini beralamat di Dusun Gegulu, RT 25 RW 12, Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, DI.Yogyakarta.

 “Bahan-bahan pewarnaan batik meliputi kulit jolawe, kulit kayu mahoni, kulit kayu tingi,  kayu jambal, kayu tegeran, kayu secang, dan daun tom indigovera. Penggunaan penguat warna tidak lepas dari bahan-bahan alam yang mudah dijumpai yakni menggunakan batu gamping, tunjung dan tawas” kata Rojimin.”Selanjutnya, dari hasil pewarnaan alam dan penguatan warna itu menghasilkan warna klasik seperti coklat, coklat kekuningan, biru kehijauan, merah kecoklatan dan warna hitam.” Demikian disampaikan Rojimin dalam wawancara singkatnya tentang batik pewarna alam miliknya.

Motif unggulan dan kekhasan dari batik warna alam tak lepas dari unsur harmoni alam seperti motif batik bentuk daun talas, daun papaya, daun gembili, teratai, motif pulau-pulau, motif kukilo asmoro dan motif-motif alam yang lain. Selain identik pada gambar-gambar motif klasik tradisional, pewarnaan alam juga sangat indah dengan penggunaan motif kolaboratif seperti parang rusak, sogan, parang barong, bunga-bunga, nitik, gurdo, tumpal, sekar jagad dan motif lain yang diinginkan oleh peminat batik.

Rojimin sebagai pemilik Anugrah Batik memulai usahanya sejak beberapa puluh tahun lalu. Kegigihan, kesabaran dan keuletannya dalam memproduksi batik warna alam mampu menghasilkan produk-produk batik yang bernilai jual tinggi, satu lembar kain batik bisa mencapai harga kisaran Rp 1.000.000, per lembarnya, tergantung kerumitan dan ragam warna yang diinginkan. Harapannya, batik pewarna alam ini jg dapat bersaing dengan jenis batik pewarna sintetis.

 Eco-Green Batik, back to nature. Batik Warna Alam merupakan sumber kekuatan batik ramah lingkungan kembali kepada alam. (Wd/07)

Komentar atas Eco-Green Batik Gulurejo

Bowo 20 Juli 2019 10:27:01
Mantuul bgt batiknya
Rahmat 18 Juli 2019 16:55:54
Keren batik nya....

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Sinergi Program

Youtube Desa Gulurejo Kecamatan Lendah
Facebok Gulurejo Gumregah Dukcapil Kulon Progo
Disnakertrans Diskominfo

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookYouTube

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung