---- G U L U R E J O G U M R E G A H ---- Silahkan Kunjungi Website Kalurahan Gulurejo --- Silahkan Komentar pada kolom yang tersedia ---

Artikel

Workshop bagi Kader Sehat dan PKK Desa Gulurejo

31 Juli 2019 11:11:42  Administrator  159 Kali Dibaca  Berita Desa

Workshop bagi Kader Sehat dan PKK Gulurejo

Sosialisasi Kesehatan dan Pengembangan Usaha Rumahan

 

Gulurejo - Rabu (31-07-2019) Masalah kesehatan masyarakat di perdesaan, kini semakin beragam. Sebagian besar masalah kesehatan tersebut berkaitan dengan rendahnya tingkat perekonomian masyarakat. Pemerintah desa pun kini semakin gencar untuk memberdayakan kader kesehatan dan masyarakat umum untuk menanggulangi permasalahan kesehatan yang ada, melalui peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan. Bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) wilayah Kulon Progo, Tim KKN-PPM UGM Unit Lendah 2019 menyelenggarakan acara Sosialisasi Kesehatan dan Pengembangan Usaha Rumahan kepada para kader kesehatan dan ibu-ibu PKK se-Desa Gulurejo. Acara yang digelar di Balai Desa Gulurejo pada Selasa (30/7/2019) dihadiri oleh 50 orang perwakilan kader kesehatan dan PKK dari 10 pedukuhan di Desa Gulurejo.

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Mahasiswa Unit Lendah KKN-PPM UGM 2019 dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Bappeda Kulon Progo, Bapak Ir. Agus serta sambutan oleh Kepala Desa Gulurejo Bapak Sarjidi. Melalui sosialisasi ini, peserta yang terdiri dari para kader kesehatan desa diharapkan mampu mengambil ilmu dan menerapkannya dalam pelayanan kesehatan di tingkat dusun dan desa.

Pemaparan materi pertama dibawakan oleh Bapak Prof. dr. Suhardjo yang membahas mengenai kesehatan mata. Jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di Indonesia masih tergolong tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Dengan jenis penyakit mata yang semakin beragam, penyuluhan dan edukasi mengenai pencegahan dan pengobatan penyakit mata sangat diperlukan oleh masyarakat. Pengobatan mata yang kini dapat dilayani dengan BPJS diharapkan dapat membantu masyarakat menerima pelayanan yang maksimal dalam penanganan kesehatan mata.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Dr. Jumarin, M.Pd. dari Dewan Riset Daerah Kulon Progo yang mengangkat judul “Tandes (Terus Makaryo Mbangun Deso) dan Jalan Menuju Pengentasan Kemiskinan”. Dewan Riset Daerah Kulon Progo menginisiasi program Tandes yang bertujuan untuk membangun pola pikir masyarakat yang dilaksanakan melalui pengelolaan gotong royong dan kegiatan sosial masyarakat, pembuatan peta desa dan Sistem Informasi Desa (SID), serta Sekolah Revolusi Mental. Desa Gulurejo dengan segala potensinya sangat berpeluang untuk dikembangkan menjadi desa wisata, desa batik, desa wirausaha, dan desa sehat. Dengan peran seluruh lapisan masyarakat yang bersemangat membangun desa, semua potensi Desa Gulurejo dapat diwujudkan untuk menyejahterakan masyarakat.

Sesi ketiga merupakan pemaparan materi mengenai wirausaha oleh Arlin Dewanti Kusumaningrum, seorang wirausahawan muda dalam bidang kuliner. Pada sesi ini peserta diajak untuk bersemangat dalam berwirausaha di tengah potensi yang ada di Desa Gulurejo. Banyak jenis usaha yang berpeluang untuk didirikan di Desa Gulurejo untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Memulai usaha merupakan perkara yang tidak mudah, namun juga bukan sesuatu yang mustahil. Dengan perencanaan modal, keuangan, dan manajerial yang matang usaha rumahan yang menjanjikan mampu terwujud untuk menyokong perekonomian keluarga.

Perangkat desa dan para peserta menyambut baik penyelenggaraan acara ini. Potensi Desa Gulurejo dapat dimanfaatkan sebagai peluang wirausaha yang menjanjikan dan mampu mendongkrak perekonomian warga. Dengan kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat, dalam jangka panjang, permasalahan kemiskinan dan kesehatan secara umum di Desa Gulurejo diharapkan juga dapat tertangani. * (aWb/9)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

04 Maret 2019 | 96.800 Kali
Profil Wilayah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.790 Kali
Profil Kondisi Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.789 Kali
Pamong Kalurahan
04 Oktober 2019 | 96.787 Kali
Karang Taruna
04 Maret 2019 | 96.783 Kali
Profil
04 Oktober 2019 | 96.783 Kali
PKK Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.781 Kali
LPMD GULUREJO

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Kapanewon Lendah
Kominfo
Dukcapil
Disnakertrans

Agenda

Belum ada agenda

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Mendiro, Gulurejo, Lendah
Kalurahan : GULUREJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 02742890325
Email : pem.desa.gulurejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:432
    Kemarin:240
    Total Pengunjung:19.964
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.176.80
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID