---- G U L U R E J O G U M R E G A H ---- Silahkan Kunjungi Website Kalurahan Gulurejo --- Silahkan Komentar pada kolom yang tersedia ---

Artikel

Dinkes Kulon Progo Berikan Pelatihan Tim Gugus Tugas Terkait Penanganan Korban Covid-19

06 April 2020 08:32:21  admin kelurahan  190 Kali Dibaca  Berita Desa

Dinkes Kulon Progo Berikan Pelatihan Tim Gugus Tugas Terkait Penanganan Korban Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo memberikan pelatihan penanganan korban Covid-19, kepada Tim Gugus Tugas penanganan penyebaran Covid-19 wilayah Kulon Progo, berlangsung di Aula Adikarto, kompleks Pemkab Kulon Progo. Jumat (3/4/2020).

Pelatihan diikuti dari Polres, Kodim, BPBD, Tagana, Satpol PP Kulon Progo dan PMI cabang Kulon Progo, materi disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kulon Progo dr. Ananta Kogam Dwi Korawan, M.Kes.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr. Ananta Kogam Dwi Korawan, M.Kes mengatakan hari ini merupakan koordinasi antara Polres dengan pemerintah daerah, untuk memberikan pemahaman kepada TIM Gugus Tugas untuk bisa menjadi jembatan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Intinya adalah terkait penjelasan dan pemahaman penanganan korban, di antaranya sebagai jembatan informasi tentang penanganan COVID-19, pencegahan, gejala penularan, hingga mensosialisasikan agar tidak terjadi penolakan didaerah,” jelasnya

Peran mereka adalah untuk menjelasan memeberikan pemahan tentang penaganan korban, sehingga dimasyarakat tidak terjadi penolakan jika ada yang menjadi korban Covid-19, karena khawatir berdampak terhadap kesehatan masyarakat sekitar.

Selain itu, Ananta Kogam menjelaskan terkait penggunaan cairan disinfektan untuk penyemprotan. Ia menjelaskan cairan disinfektan tidak boleh terkena bagian tubuh manusia seperti kulit, mulut, hidung, mata dan sebagainya.

Menurutnya masyarakat perlu mengetahui atau memahami apa yang dimaksud dengan disinfektan ini. Sehingga dapat menggunakannya dengar benar, karena yang terkandung di dalam cairan disinfektan ini beragam di antaranya senyawa chlorin, hydrogen peroksida.
Oleh karena itu, cairan disinfektan lebih efektif digunakan serta diaplikasikan pada permukaan benda yang ada di sekitar seperti gagang pintu, toilet.

Sementara itu, Kabag Sumda Polres Kulon Progo Kompol Agus Supriyanto menyimpulkan harapanya kegiatan ini dapat memberikan kepastian kepada Tim Gugus Tugas dalam melangkah di masyarakat. Selain itu, masalah sekarng ini terjadi peralihan dari masalah kesehatan menjadi masalah sosial.

“Pertemuan ini sebagai langkah awal terkait penanganan korban Covid-19, perlu adanya SOP dalam menangani jenazah, sehingga dapat memberikan masukan untuk Tim Gugus untuk merumuskan, jika terdapat korban Covid-19 yang meninggal,” ujarnya.

Pada akhirnya peran masyarakat, pemerintah pusat samai desa juga sangat penting untuk mendukung menangani penyebaran COVID-19, adanya kolaborasi, gotong royong sangat diperlukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. MC Kulon Progo/hr

 

Sumber : https://kominfo.kulonprogokab.go.id/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Kalurahan

Pendapat Anda Tentang Pelayanan Gulurejo

Arsip Artikel

04 Maret 2019 | 96.888 Kali
Profil Wilayah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.856 Kali
Pamong Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.851 Kali
Profil Kondisi Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.847 Kali
Profil
04 Maret 2019 | 96.839 Kali
LPMD GULUREJO
04 Maret 2019 | 96.830 Kali
Visi Misi
04 Maret 2019 | 96.830 Kali
Data Kalurahan

Sinergi Program

Kapanewon Lendah
Kominfo
Disnakertrans
Pelayanan Gulurejo

Agenda

Belum ada agenda

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Mendiro, Gulurejo, Lendah
Kalurahan : GULUREJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 02742890325
Email : pem.desa.gulurejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:375
    Kemarin:425
    Total Pengunjung:56.526
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.204.167
    Browser:Tidak ditemukan